Sabtu, 10 November 2012

Kunjungan Kerja Komisi III dan IV ke Kota Bekasi


KUNJUNGAN KERJA
KOMISI III DAN IV DPRD MANDAILING NATAL KE KOTA BEKASI
8 NOVEMBER 2012




 Kamis (8/11), Komisi III dan Komisi IV DPRD Mandailing Natal berkunjung ke DPRD Kota Bekasi Provinsi Jawa Barat. Selain Ketua Komisi III, H. Binsar Nasution dan Ketua Komisi IV, Harminsyah Batubara, bersama rombongan juga hadir Ketua DPRD Mandailing Natal, As Imran Khaitamy Daulay, SH, anggota Komisi Edi Anwar Nasution, Erwin Efendi Lubis, M. Parlaungan Nasution, Arsidin Batubara, serta Sekwan H. Zulkarnaen Siregar, MM.
Kunjungan ke kota patriot Bekasi ini, memang sudah direncanakan sejak awal. Pemilihan Bekasi sebagai daerah Kunjungan Kerja Luar Daerah Luar Provinsi kali ini bukan tanpa alasan. Bekasi memang sarat dengan lintasan sejarah. Jayagiri sebagai ibu kota Kerajaan Taruma Negara, berada dalam wilayah Kota Bekasi. Pada masa Belanda, kawasan ini termasuk dalam Distrik Meester Cornelis. Jatinegara sebagai kota perjuangan yang berada di kawasan ini, menjadi amat terkenal dalam lagu-lagu perjuangan Ismail Marzuki. Kabupaten Jatinegara berubah menjadi Kabupaten Bekasi melalui pernyataan sikap 40 ribu penduduk yang meminta bergabung ke Republik Indonesia tahun 1950.
Di masa sekarang, Indeks Pengembangan Manusia Kota Bekasi mencapai rata-rata sebuah negara dalam 3 dimensi dasar pembangunan manusia yang diukur berdasarkan tingkat harapan hidup, tingkat baca tulis, dan PDB sebagai pendapatan perkapita.
Dengan visi Bekasi Cerdas, Sehat dan Ikhsan, Kota Bekasi meningkatkan akses terhadap dunia pendidikan, akses terhadap layanan kesehatan dan menjalankan pemerintahan Good Governance. Di bidang Layanan Kesehatan misalnya, RSUD Kota Bekasi meminta jaminan 10% kapasitas Ruang Rawat Kelas III dari setiap rumah sakit swasta untuk menampung keluarga miskin. Dengan begitu, RS Swasta akan menampung 100-150 pasien keluarga miskin setiap bulannya, yang dananya diambil dari Jamkesda.
Di bidang pendidikan, Kota Bekasi juga mendeklarasikan anti korupsi dan anti narkoba serta mengembangkan model kantin kejujuran. Selain itu, SMA Negeri 1 Bekasi dan SMK Negeri 3 Bekasi juga meraih peringkat tertinggi rata-rata perolehan Ujian Nasional Tahun 2012.
Berbagai capaian itu, mendorong Komisi III dan Komisi IV DPRD Mandailing Natal melakukan kunjungan kerja ke Kota Bekasi. Rombongan disambut Wakil Ketua DPRD Kota Bekasi. Selama beberapa jam, berlangsung pertemuan yang penuh silaturrahmi antara rombongan DPRD Madina dengan anggota perwakilan DPRD Kota Bekasi.